Kamis, 18 Agustus 2011

8/18 Pusat Informasi Online

     
    Pusat Informasi Online    
   
Demi Milyaran Rupiah, Adzan Dijual
August 15, 2011 at 10:42 PM
 

Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Nina Mutmainah Armando mengaku prihatin bahwa tayangan televisi belakangan ini kurang mengetengahkan edukasi masyarakat, bahkan azan saja sampai disisipi iklan niaga.

Tayangan layar kaca lambat laun semakin komersial, bahkan tayangan azan maghrib di bulan Ramadhan disisipi oleh iklan. “Azan di tv menyisipkan iklan niaga, azan pun dijual,” kata Nina .

“Nilainya miliaran rupiah karena ditayangkan pada prime time (waktu utama),” katanya di Jakarta, Senin. Nina Armando berharap agar televisi menyajikan tayangan yang sehat dan mencerdaskan masyarakat.

Namun di sisi lain ia pun mengakui masih ada yang mengangkat tayangan baik. “Ada beberapa tayangan yang sudah baik seperti Jejak Rasul, sinetron Para Pencari Tuhan. Tapi memang ada yang pantas,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada pengaduan masyarakat diterima dan mereka menilai tayangan tersebut tidak pantas. “Kami meneruskan meminta kepada stasiun tv bersangkutan yang menayangkan itu untuk memperbaiki. Ada yang telah memperbaiki tapi ada yang masih terus,” katanya lagi.

   
   
Berbuka Dengan Aneka Hidangan Dunia Di Amerika
August 15, 2011 at 10:38 PM
 

Meskipun dalam bulan suci ini Muslim harus menahan lapar dan haus sehari penuh selama sebulan, Ramadhan, tidak dapat dipungkiri, juga merupakan saat terbaik untuk makan enak.

Selama Ramadhan para ibu biasanya sibuk di dapur menyiapkan berbagai hidangan khusus untuk berbuka, yang tentu saja berbeda dari hidangan makan malam biasa, untuk keluarga dan handai taulan. Karenanya, buka puasa menjadi seperti perayaan Thanksgiving kecil.

Moina Noor, Muslim asal India, yang tinggal di San Fransisco, biasanya menghidangkan samosa, channa dal, sejenis kacang polong berwarna kuning, chaat, selada buah dan kentang dengan saus chutney, dan kurma untuk berbuka. Ia juga memasak nasi biryani, kari, dan kebab sebagai hidangan utama.

Untuk hidangan penutup ia membuat kheer, sejenis bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras, susu, almond, pistachio, kismis, dan rempah-rempah, serta tak ketinggalan teh susu. Abdullah Fawass, juru masak utama pada Restauran dan Toko Kue Mediterranian di Alexandria, Virginia, mengatakan bahwa salah satu hidangan berbuka yang paling digemari orang Timur Tengah yang hanya dibuat pada saat Ramadan adalah katayef.

“Katayef itu seperti kue dadar Amerika, tetapi sedikit lebih tipis. Setelah diisi dengan kacang serta krim, kemudian dipanggang. Disajikan hangat dengan madu dan pistachio,” ujar Fawass.

Fawass menambahkan bahwa selain katayef, makanan berbuka lainnya yang biasanya khusus dibuat saat Ramadhan adalah kinafa, yakni sejenis roti manis terbuat dari tepung semolina yang berisi krim dan keju. Dengan banyaknya imigran Muslim yang berasal dari berbagai negara, acara potluck buka puasa di berbagai tempat di Amerika biasanya menjadi sarana bagi mereka yang hadir untuk ‘berkeliling dunia lewat lidah’.

Moina Noor dan suaminya, misalnya, mengatakan sangat meyukai harira, sup kambing Maroko dengan kuah tomat. Ia juga mengagumi tatanan cantik hidangan nasi Iran yang dicampur biji buah delima dan daun dill. Orang juga bisa mencicipi kari kambing buatan Linda Ali yang berasal dari Trinidad dan mihun goreng ala Kanton yang dimasak suaminya, yang keturunan Tionghoa.

Selain itu juga ada pokara, perkedel lentil Pakistan, chachouka, telur goreng Tunisia yang dimasak dengan saus tomat dan berbagai rempah, dolma, nasi panggang Mesir, serta aneka jajan pasar Malaysia yang mirip dengan kue-kue tradisional Indonesia.

Sambil menyendoki berbagai hidangan ke piringnya, Moina Noor melihat keragaman makanan di piringnya dengan rasa syukur, karena bisa berbuka dengan orang-orang yang hangat dan makanan lezat. Keragaman hidangan yang ada di setiap piring orang-orang di sekitarnya bahkan dipandangnya sebagai cermin kebersamaan dalam Islam.

Namun, sementara banyak orang menyukai kue-kue manis India yang digoreng, kebab pedas, dan kari berkuah kental, saya tidak bisa melupakan enaknya makan kolak pisang, ayam goreng keremes, dan bakwan jagung. Dalam bulan Ramadhan di Amerika, kita mungkin bisa keliling dunia melalui beragam hidangan, tetapi seperti setiap perjalanan, masakan dari tempat kita berasal selalu yang terlezat.

   
   
Jenis Sayuran Miskin Nutrisi
August 15, 2011 at 10:30 PM
 

Nutrisi dalam sayuran, seperti vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak heran bila sayuran diwajibkan dalam menu, apakah untuk sarapan, makan siang atau makan malam.

Tapi Anda perlu tahu bahwa ternyata tidak semua sayuran memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Anda perlu pandai dalam memilih menu yang sehat, mengetahui sayuran yang memiliki kandungan nutrisi sangat rendah. Berikut ini sayuran yang “miskin” nutrisi seperti dikutip Self Magazine.

Seledri

Seledri dengan panjang sekitar 20 cm hanya mengandung 6 kalori, apakah cukup nutrisi hanya dari seledri sepanjang itu? Jawabannya bisa saja ya, tapi Anda harus memakannya dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

Seledri mengandung kalsium, vitamin C, serat dan vitamin K, yang hanya Anda dapatkan bila dimakan dalam jumlah yang banyak. Wortel lebih disarankan untuk menu sehat Anda. Rendah kalori tapi mengandung banyak beta karoten dan vitamin. Rasa manis pada wortel dapat menambah variasi rasa pada masakan.

Mentimun

Kalori yang dikandung mentimun sangat rendah. Secangkir irisan mentimun hanya mengandung 16 kalori, kandungan nutrisi yang lain juga sangat rendah. Faktanya, mentimun hanya mengandung 5% bahkan lebih rendah yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari dari kebutuhan kalium, magnesium, mangan, dan vitamin C. Lebih dianjurkan makan sayuran bayam, yang mengandung zat besi, beta karoten dan serat lebih tinggi.

Kol

Sayuran ini biasanya sebagai pelengkap masakan. Bila dimakan memberikan rasa lezat dan sensasi segar. Namun untuk pilihan makanan sehat, sebaiknya pilihlah daun selada. Daun selada memiliki kandungan beta karoten lebih tinggi dibandingkan kol. Beta karoten sangat dibutuhkan bagi kesehatan mata dan kulit.

   
   
Demi Aksen Korea, Seorang Gadis Menyambung Lidahnya
August 15, 2011 at 10:05 PM
 

Rhiannon Brooksbank-Jones, asal Beeston, Notts, Inggris, sangat ingin bisa bicara dalam bahasa Korea dengan lafal sempurna. Tapi sayang, ia tidak bisa mengucapkan beberapa kata dengan baik karena lidahnya terlalu pendek.

Dokter gigi gadis berusia 19 ini mengatakan, lidah Rhiannon lebih pendek daripada lidah orang kebanyakan. Itu membuatnya tak bisa mengucapkan bunyi L dalam bahasa Korea dengan benar. Padahal ia berencana tinggal di Korea setelah lulus kuliah.

Untuk solusinya, ia pun memutuskan untuk operasi memanjangkan lidahnya dengan kulit tambahan yang diambil dari tubuhnya. Sekarang, lidah barunya itu jadi satu sentimeter lebih panjang dari sebelumnya.

“Ada yang bilang, yang saya lakukan ini berlebihan, tapi saya memang seorang perfeksionis,” ujarnya seperti dikutip dari TheSun.

Sekarang ia bisa melafalkan bahasa Korea dengan aksen sempurna.

Ibu Rhiannon, Fiona, mengatakan, anaknya itu, jika ia menginginkan sesuatu, ia akan melakukannya dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.

   
   
Tidak Diizinkan Ketemu Nasruddin, Kaligis Kesal
August 15, 2011 at 6:05 AM
 

Bermaksud ingin menemui klien, tapi tak diizinkan. Kontan OC Kaligis, kuasa hukum tersangka kasus suap pembangunan wisma atlet Jakabaring Muhammad Nazaruddin kesal. Ia memrotes petugas Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Ahad (14/8), yang tak memberi izin dengan alasan hari libur.

Soal penolakan Kaligis mendasarkan pada pasal 70 Kitab Undang-undang Hukum Pidana, berisi pengacara maupun keluarga dapat sewaktu-waktu menemui tersangka. Tapi kenyataannya tidak. “Makanya kenapa dia takut pulang, benar kan sekarang terbukti. Gak ada perlakuan persamaan hak untuk dia.”

Kuasa hukum mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu bahkan menuding ada kejanggalan dalam penanganan kasus Nazaruddin. Ini berbeda dengan aturan di negara lain. Kaligis mencontohkan, sewaktu di Kolombia ia dapat terus menemani tersangka, baik saat di kedutaan maupun di kepolisian setempat.

Terkait perlakuan yang diterima inilah, Kaligis berencana menulis surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

   
     
 
This email was sent to raiskatro@gmail.com.
Delivered by Feed My Inbox
PO Box 682532 Franklin, TN 37068
Create Account
Unsubscribe Here Feed My Inbox
 
     

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar